Saturday, July 02, 2011

Akhirnya Teknologi Intel Light Peak (Thunderbolt) Telah Dirilis

Akhirnya Teknologi Intel Light Peak telah dirilis. Intel menyebut konektor Light Peak ini dengan Thunderbolt. Konektor yang menawarkan kecepatan koneksi hingga 1Gbps (700Mbps real) untuk transfer data dan komunikasi antar perangkat. Well, langsung saja kita lihat beritanya 
Lama ditunggu-tunggu Puncak teknologi Intel Cahaya, sekarang dikenal secara resmi sebagai Thunderbolt, akhirnya tersedia pada perangkat konsumen pertama, dan perusahaan hari ini meluncurkan rincian lebih lanjut tentang kapan kita akan melihatnya dalam PC konsumen dan gadget.
Pertama diperkenalkan pada Konferensi Pengembang Intel kembali pada tahun 2009, data transfer teknologi menjanjikan untuk menggantikan beberapa port dengan satu yang dapat melakukan lebih banyak hal, dan melakukannya lebih cepat.
Inklusi pertama di komputer adalah di Apple MacBook Pro line, yang sebelumnya segar hari ini dengan port Thunderbolt melintasi garis (lihat CNET tangan-di sini). Intel diikuti beberapa jam kemudian dengan konferensi pers tentang teknologi, serta rencana untuk membawanya ke komputer dan perangkat selama tahun depan atau lebih.
Apa Thunderbolt?
Thunderbolt baru Intel input / output teknologi yang menjanjikan untuk membawa kecepatan transfer yang melebihi apa yang saat ini tersedia dengan USB 3.0, serta memperluas kecepatan yang di beberapa perangkat sekaligus. Dalam hal di mana Anda akan melihatnya, Thunderbolt akan muncul sebagai pelabuhan baru pada laptop dan PC, serta pada perangkat yang mendukungnya.
Teknologi itu sendiri memanfaatkan DisplayPort yang ada dan PCI-Express Data protokol untuk membuka apa yang dapat Anda lakukan dengan port tunggal menjadi beberapa menggunakan dan pada kecepatan tinggi. Ini termasuk "daisy chaining" sampai tujuh Thunderbolt dilengkapi perangkat bersama, sementara tetap mempertahankan kecepatan penuh di semua dari mereka sekaligus.

Seberapa cepat itu?
Thunderbolt saat ini berjalan dengan kecepatan tertinggi 10Gbps, meskipun berjanji untuk 100Gbps atas satu hari dalam throughput data ketika bergerak dari kawat tembaga ke serat optik. Untuk sementara, kawat tembaga memiliki kecepatan dan batas-batas panjang kabel, panjang kabel pada menjaga 3 meter atau kurang. Transfer data juga dua arah, yang berarti dapat baik mengirimkan dan menerima data pada saat yang sama, dan pada kecepatan tertinggi.
Selama konferensi pers Intel tentang teknologi pagi ini, perusahaan menunjukkan itu bekerja pada MacBook Pro, menarik empat baku, sungai terkompresi 1080p video melalui array penyimpanan Thunderbolt, dan memberi makan ke layar Thunderbolt terpasang, semua sementara topping lebih dari 600Mbps dalam kecepatan transfer nya. Sebuah tes sebelumnya hanya mentransfer file telah mendapat itu sampai 800Mbps.
Untuk menempatkan ini dalam perspektif apa yang telah tersedia hingga titik ini, yang dua kali lebih cepat sebagai batas teoritis USB 3.0, 20 kali lebih cepat dari USB 2.0, dan 12 kali lebih cepat dibandingkan FireWire 800.

Kapan saya bisa mendapatkannya?
Panjang dan pendek itu adalah bahwa Anda bisa mendapatkan Thunderbolt hari ini, asalkan Anda membeli Apple MacBook Pro, yang merupakan laptop pertama untuk kapal dengan port Thunderbolt sebagai port standar di seluruh lini.
Sejauh tiba pada laptop PC dan komputer desktop, perusahaan saat ini memperkirakan bahwa kita tidak akan melihat di sana sampai awal tahun depan diberikan OEM siklus desain. Untuk sementara, akan ada membunuh Thunderbolt-siap perangkat seperti hard drive dan menampilkan yang akan mengambil keuntungan dari teknologi tiba di musim semi. Salah satu yang pertama akan menjadi Lacie hard drive eksternal yang disebut Little Big Disk yang bungkus beberapa drive solid state dalam kandang tunggal yang bekerja dengan Thunderbolt.
Apakah saya dapat menambahkan ke PC atau laptop lama saya?
Jika mesin lama Anda adalah PC Anda dibangun, mengganti motherboard dengan yang akan membawa Thunderbolt akan melakukan trik. Selama konferensi pers Intel hari ini, perusahaan tinggal ibu pada penawaran sebagai ekspansi ke PC melalui slot PCI Express, atau laptop melalui teknologi ExpressCard.

Apakah ini menggantikan USB?
Intel posisi Thunderbolt sebagai teknologi "berdekatan", salah satu yang akan pujian itu. Yang mengatakan, mana-mana USB berarti itu tidak terjadi di mana saja dulu. Intel juga telah menyatakan rencananya untuk mendukung USB 3.0 di chipset masa depan bersama Thunderbolt.

Related Articles

0 komentar :

Post a Comment