Monday, August 22, 2011

Install ulang Windows di Netbook Dengan FlashDisk

Selama ini sudah kesekian kalinya saya ditanyai teman, punya "dvd eksternal gak? mau buat nginstall ulang netbook"...Saya jawab , waduh gak punya... Pernah sih waktu itu punya dvd eksternal mac, tp itu gak bisa jg buat nginstall ulang netbook
utk OS windows, dvd eksternal mac cm mau buat puter dvd di mac atau bisa jg puter windows pake vmware/bootcamp/sejenisnya di OS mac.
Berhubung yang nanya gak 1-2 orang, saya cari-cari caranya gan...

Install ulang pakai Flashdisk punya beberapa keuntungan dibanding install ulang pakai dvd windows,
kalo pake dvd itu rawan baret dvdnya, yg bisa memperlambat install atau bahkan macet installnya...
nah kalo pake flashdisk bisa terhindar dari itu.

Sebelumnya perlengkapan perang yg dibutuhin:

* Flash disk min 4Gb / Di atasnya (soalnya windows 7 butuh 3Gb ke atas)
* DVD Windows
* Software pendukung
* Komputer/Laptop yg udah terinstall windows => bikin flashdisknya bootable pake ini...

Berikut ini cara bikin flashdisk jadi bootable, sehingga bisa dipake utk install ulang windows....


1. Colok Flaskdisk agan ke komputer (yang kapasitas 4gb / ke atas, di screen shoot di atas saya pake flashdisk 8Gb(Disk 2))

2. Pencet Tombol WIN+R, ketik cmd, setelah itu klik OK.

3. Ketik diskpart kemudian tekan ENTER.

4. Ketik list disk, kemudian ENTER. Pilihlah yang mana flash disk agan , hati2 jangan salah pilih karena jika salah yg ke format adalah disk yang lain. Hardisk ane Ada 2 gan, jadi Disk 0 sama disk 1 itu hardisknya, yang flash disk berarti yang Disk 2.... (Kalo hardisk agan ada 1 , biasanya hardisknya adalah disk 0 dan usb flash disknya Disk 1)






5. Ketik select disk 2 kemudian tekan ENTER.

6. Ketik clean kemudian tekan ENTER.

7. Ketik create partition primary kemudian ENTER.

8. Ketik select partition 2 dkemudian ENTER

9. Ketik active kemudian ENTER. 10. Ketik format fs=fat32 kemudian ENTER

11. Ketik assign kemudian ENTER

12. Ketik exit kemudianENTER.

13. Selanjutnya masukin disk DVD windows 7 , kemudian copy seluruh file dalam dvd ke USB Flaskdisk agan.

14. Setting netbook/komputer yg mau diinstall windows pake flashdisk di biosnya. Settingannya pastikan bootnya melalui USB flashdik...

15. Colok flash disk ke netbook... Restart netbook... kalau langkahnya bener, proses instalasi windows seharusnya berjalan melalui Flash disk

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment